SIJUNJUNG
 - Guna memberikan yang terbaik kepada masyarakat, mulai tahun 2015 ini,
 pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten) akan diterapkan pada 
seluruh kecamatan dalam Kabupaten Sijunjung.
Mengawali
 penerapan, Paten itu dicanangkan oleh Bupati H. Yuswir Arifin Datuak 
Indo Marajo, di gedung Unit Daerah Kerja Pemerintah (UDKP) Kecamatan 
Sijunjung dan di UDKP Kecamatan Kamang Baru, Rabu dan Kamis (4-5/2).
Pencanangan
 Paten yang ditandai dengan peresmian pemakaian loket tempat petugas 
memberikan pelayanan, di Kecamatan Sijunjung  dilakukan dengan 
pengguntingan pita, di Kecamatan Kamang Baru dengan pembukaan selubung 
merek.
Ketika
 melakukan pencanangan, bupati didampingi Asisten I Setdakab Sijunjung 
H. Jaheri, seluruh kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan camat
 se-Kabupaten Sijunjung.
Dari
 kecamatan, hadir Muspika, anggota DPRD, sekwilcam, kepala UPTB, UPTD, 
pimpinan puskesmas, walinagari, kepala jorong, ketua BPN, KAN, LPM serta
 tokoh dan pemuka masyarakat setempat.
Masyarakat
 mengakui,  dewasa ini pelayanan yang diberikan aparatur sudah lebih 
baik dari sebelumnya. Namun dibalik pengakuan itu, tidak tertutup 
kemungkinan adanya masyarakat yang kecewa dan mengeluh, karena prosedur 
dan birokrasi yang berbelit.
“Justru 
 itu, guna memberikan yang terbaik, supaya masyarakat tidak kecewa dan 
mengeluh, karena prosedur dan birokrasi yang berbelit, mulai tahun 2015 
ini, pelayanan Paten akan diterapkan pada delapan kecamatan yang ada 
dalam Kabupaten Sijunjung,” jelas Bupati Yuswir Arifin.
Menurut
 bupati, pada hakikatnya Paten merupakan penyelenggaraan pelayanan 
publik di kecamatan yang proses pengelolaannya mulai dari permohonan 
sampai terbitnya dokumen, dilakukan dalam satu tempat.
Meski
 di kecamatan baru akan dimulai, namun untuk tingkat Kabupaten Sijunjung
 pelayanan terpadu sudah dilaksanakan sejak dua tahun lalu. Bahkan 
karena prosesinya yang cepat, tepat, transparan dan terbuka, pelayanan 
yang diberikan oleh aparatur Badan Lingkungan Hidup, Penanaman Modal dan
 Pelayanan Terpadu, dipuji oleh para investor yang ingin berinvestasi di
 Kabupaten Sijunjung.
“Karena
 itu, saya tekankan Paten yang akan diterapkan pada seluruh kecamatan, 
juga harus memberi kepuasan bagi masyarakat yang dilayani. Supaya hal 
itu terwujud, disamping selalu berada di loket pada setiap jam kerja, 
petugas yang memberi pelayanan juga harus ramah dan sopan serta cepat, 
tepat, transparan dan terbuka. Jangan sampai petugas Paten masuk koran 
karena pelayanannya yang buruk dan birokrasi yang berbelit,” tekan 
Bupati Yuswir Arifin. (ist)
.jpg)
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar