Rabu, 18 Februari 2015

Kawal Layanan BPJS


DHARMASRAYA - Pelayanan Badan Pelaksana Jaminan Sosial (PBJS) harus selalu dikawal. Pasalnya, masih banyak keluhan masyarakat terhadap layanan BPJS, terutama layanan kesehatan. “Rakyat kita masih banyak mengeluh, karena daftar tunggu masih terlalu lama, setidaknya bila dibanding dengan layanan non BPJS,” sebut Bupati Dharmasraya, H. Adi Gunawan.
Ketika berdialog dengan warga Kecamatan Timpeh, Adi Gunawan menerima laporan dari masyarakat, bahwa ada warga Timpeh yang sakit kemudian dibawa ke Puskesmas Timpeh. Dari Puskesmas dirujuk Ke RSUD Sungai Dareh. Dari RSUD Sungai Dareh kemudian dirujuk ke RSUP M. Jamil, Padang. Namun sesampai di RSUP M. Jamil, peserta BPJS ini harus menunggu satu bulan untuk bisa dilayani beroperasi. “Rasanya sia-sia saja pak bupati ikut BPJS ini. Tapi bagaimana lagi kami tidak mampu,” sebut Taruki, tokoh masyarakat Timpeh kepada Adi Gunawan yang mendengarkan secara seksama.
Temuan lapangan ini kemudian disampaikan Adi Gunawan pada acara apel gabungan awal bulan lalu. Kata Bupati, jika masyarakat kita mendapat perlakuan seperti yang dilaporkan Taruki, maka apa yang harus dilakukan. “Apakah mereka kita biarkan. Apakah mereka kita pantau dan kemudian kita fasilitasi,” kata bupati yang akan mengakhiri masa jabatan periode pertama awal Agustus tahun ini. Oleh karena itu, ia minta agar semua jajaran aparatur sipil Negara (ASN) untuk dapat memantau dan memfasilitasi rakyat dalam layanan BPJS.
Ia menjelaskan, ketika ada pasien yang dirujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap dan layak, maka hendaknya tidak dilepas begitu saja. ASN terutama garda terdepan layanan kesehatan harus terus memantau apakah si pasien sudah mendapat layanan dan apakah penderitaan sakitnya sudah sembuh. Dengan demikian, keluhan masyarakat terhadap layanan BPJS ini dapat diatasi dan dicarikan solusinya. “Ini tanggung jawab kita,” kata Adi Gunawan.(ist/humas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar